Polres Pacitan Berikan Pengamanan Sholat Idul Fitri Warga Muhammadiyah


 PACITAN-Kapolres Pacitan, AKBP Wildan Alberd, memantau langsung pelaksanaan kegiatan di beberapa titik yang menjadi lokasi sholat Idul Fitri, yakni lapangan Manggala Sakti, Baleharjo dan lapangan Jambu, Desa Bangunsari, Jumat (21/4/2023). 


Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 H warga Muhammadiyah di Kabupaten Pacitan berjalan dengan aman dan tertib. 


Kegiatan ini mendapatkan pengawasan dari pihak kepolisian Polres Pacitan yang bertugas untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang melaksanakan ibadah.


Sementara itu, lokasi shalat Idul Fitri lainnya berada di Kecamatan Kebonagung. Sedangkan total keseluruhan tempat yang dijadikan ibadah sunnah warga Muhammadiyah tercatat sebanyak 22, baik lapangan maupun masjid. 


Kapolres Wildan Alberd menegaskan bahwa pihak kepolisian siap memberikan pelayanan prima bagi para jamaah yang melaksanakan sholat Idul Fitri.


Ia memastikan bahwa personel kepolisian berada di lokasi ibadah dan siap menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung.


"Keselamatan para jamaah menjadi prioritas kami. Kami berharap pelaksanaan sholat Idul Fitri ini dapat berjalan dengan lancar dan aman," kata AKBP Wildan Alberd. 


Dia pun mengungkapkan, kegiatan ini sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bagi warga yang melaksanakan sholat Idul Fitri. 


"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pengamanan dan pelayanan terbaik bagi warga yang merayakan Idul Fitri," ujar Wildan. 


Dengan adanya pengawasan dari pihak kepolisian, diharapkan pelaksanaan sholat Idul Fitri tahun ini dapat berlangsung dengan tertib dan damai.


Semoga perayaan Idul Fitri ini membawa kebahagiaan bagi seluruh umat Muslim di Indonesia.


Di lain tempat, yakni Pos Pengamanan Mudik Lebaran dan sejumlah Pos Pelayanan juga dilakukan pengecekan oleh Polres Pacitan bersama Forkopimda. 


"Pengamanan yang dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Dengan harapan pelaksanaan Sholat Idul Fitri Muhammadiyah 1444 Hijriah berjalan lancar, aman dan nyaman," terang Kapolres AKBP Wildan Alberd. 


Lebih lanjut, dikatakan Kabag Ops AKP Sukinto Herman, pengamanan yang dilaksanakan Polres Pacitan selain menjaga kekhusyukan dalam melaksanakan ibadah dan menjaga barang milik masyarakat serta melaksanakan pengaturan lalu lintas di lokasi tempat berlangsungnya shalat Idul Fitri. 


Selanjutnya, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji beserta jajaran Forkopimda juga memberikan bingkisan kepada petugas yang berjaga di Pos Pelayanan Alun-alun.


"Tetap semangat, mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya. (*)