Polres Pacitan Pastikan Pemilu 2024 Aman dan Lancar

 


PACITAN-Polres Pacitan memastikan Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar. Proses dan tahapan pesta demokrasi yang ditandai dengan jalannya kirab pemilu dan deklarasi oleh KPU bersama Forkopimda setempat, Selasa (18/7/2023) kemarin.

Keterlibatan TNI-Polri dalam hal ini menjadi suatu kewajiban demi terwujudnya Pemilu yang berlangsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Serah terima dan kirab pemilu sudah dilakukan KPU kemarin. Ini merupakan upaya yang patut kita apresiasi," kata Wakapolres Pacitan Kompol Pujiyono, Rabu (19/7/2023).

Guna mendukung kelancaran Pemilu 2024, Polres Pacitan akan mengerahkan seluruh personel yang ada untuk melakukan pengamanan.

"Juga dibantu teman-teman TNI.
Sehingga dapat menghasilkan pemilu berkualitas," terang Kompol Pujiyono.

Komitmen tersebut dilakukan dengan cara penandatanganan papan deklarasi sebagai bentuk perwujudan pemilu yang berintegritas.

Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mensukseskan Pemilu 2024 dengan cara memanfaatkan hak pilihnya demi masa depan bangsa.

"Kepada masyarakat yang memiliki hak pilih silakan menggunakan hak pilihnya dengan hati nurani masing-masing," pinta Wakapolres Pacitan Kompol Pujiyono.

Sebagai informasi, Polri tengah memastikan bahwa Satuan Tugas (Satgas) Nusantara dalam rangka mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 segera diaktifkan kembali.

Satgas Nusantara Polri sendiri sebelumnya aktif dalam Pemilu tahun 2019 sebelumnya. Tugasnya salah satunya adalah melakukan cooling system di momen pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Satgas Nusantara Polri tersebut nantinya bakal bersinergi dengan seluruh pihak dan elemen masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai. Termasuk di Kabupaten Pacitan. (*)