Sambut Tahun 2024, Polres Pacitan siapkan diri dalam Pengendalian Massa

 


Pacitan.Menyambut tahun politik 2024 mendatang, Aparat Kepolisian Resor (Polres) Pacitan mempersiapkan segala hal kemungkinan.

Salah satunya adalah mempersiapkan diri dalam mengendalikan massa sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga.

Hal itu terlihat saat dilaksanakan kegiatan apel fungsi yang dilanjutkan Latihan Dalmas (Pengendalian Massa) Satsamapta Polres Pacitan yang digelar di Lapangan Apel Polres Pacitan, Rabu (26/07).

Kapolres Pacitan, AKBP Wildan Alberd menjelaskan bahwa segala kemungkinan bisa saja terjadi saat tahun politik 2024 mendatang.

"Gangguan dan Ancaman terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat bisa saja terjadi. Upaya kita ada dua, yaitu pencegahan dan penanggulangan. Kita terus berkoordinasi dengan sebagai upaya preventif atau pencegahan, " Ucap Kapolres Pacitan, Kamis (27/07).

Lebih lanjut AKBP Wildan Alberd menerangkan bahwa jika terjadi peristiwa yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat pihaknya juga siap.

"Saat terjadi peristiwa yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, sebagai pelindung dan pengayom masyarakat, kamipun harus siap. Untuk itu, kami menggelar kegiatan ini sebagai upaya mempersiapkan diri akan hal itu, " Lanjutnya.

Kapolres Pacitan berharap kondusifitas di wilayah bumi 1001 Gua tetap tercipta.

"Mari kita sambut event politik tahun 2024 mendatang dengan penuh optimis, namun tetap menjaga kerukunan dan perdamaian antar semua pihak. " Tutup AKBP Wildan Alberd.

Sementara Kasat Samapta Polres Pacitan, AKP Supriadi menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan itu bertujuan meningkatkan kemampuan anggotanya dalam mengantisipasi tindakan yang mengancam Kamtibmas.

"Tujuannya adalah agar anggota dapat melaksanakan tugas pengamanan sesuai SOP, memahami tugas sesuai Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab (TWT), mengetahui Perkap no 16 tahun 2006 tentang pengendalian massa dan mahir dalam pelaksanaan gerakan Dalmas dan Formasi Dalmas, " Urai AKP Supriadi.

Lebih lanjut, Kasat Samapta meminta agar anggotanya terus bekerja profesional.

"Hindari segala bentuk pelanggaran dan laksanakan tugas sesuai SOP serta sesuai Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab. " Tutupnya.

Selama kegiatan berlangsung terlihat antusias dari anggota Satsamapta Polres Pacitan. (Humas).