Masyarakat Pacitan Tak Perlu Takut Lagi Dalam Melaksanakan Ujian Praktek SIM C


PACITAN.Mulai hari ini  masyarakat Pacitan tak usah ragu lagi untuk mencari SIM C, karena ujian praktik lapangan kini sudah dirubah. Yang sebelum zig zag dan manuver angka 8 kini menjadi bentuk huruf S, dan itu diberlakukan di Polres Pacitan mulai berlakukan Senin (7/8/2023).

Iptu Arif Kanit Reg Ident (KRI) Satlantas Polres Pacitan mengatakan, perubahan uji praktek SIM C dari angka 8 ke huruf S itu dilakukan atas dasar instruksi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan dilanjutkan Korlantas untuk dilaksanakan di  Polres seluruh Indonesia.

Selain perubahan bentuk lintasan, lebar sirkuit ujian praktik juga mengalami penyesuaian dari ukuran 1,5 menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. Perubahan itu karena lintasan angka 8 dirasa sangat sulit bagi pencari SIM C 

"Perubahan lebar ini untuk mengakomodasi empat materi ujian praktik, sehingga peserta ujian memiliki ruang yang lebih luas dan aman dalam menjalani ujian,” terangnya pada, Senin (7/8/2023).

Iptu Arip menambahkan, dengan adanya  perubahan bentuk sirkuit menjadi huruf S, diharapkan ujian praktik SIM C akan lebih mudah dilakukan oleh peserta, tanpa mengurangi tingkat kesulitan bagi masyarakat Pacitan dalam mencari SIM C. Yang lebih lagi, pencari SIM C sebelum melakuan uji praktek diberi kesempatan mencoba dahulu dilapangan uji praktek.

“ Nantinya jika sudah pelaksanaan uji praktek bisa lulus sempurna. Diharapkan  tingkat kelulusan ujian praktik SIM C dapat meningkat, sekaligus menciptakan pengemudi yang lebih terampil dan bertanggung jawab di jalan raya,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Evelin (20) warga Kecamatan Bandar menyampaikan, perubahan lintasan uji praktek lapangan SIM C dari sebelumnya angka 8 menjadi huruf S ini sangat bagus dan saya rasa cukup bijak. 

" Karena lintasan angka 8 sangat sulit untuk melintas secara sempurna. Maka itu saya sangat berterima kasih kepada Kapolri yang telah merubah lintasan menjadi huruf S " bagi saya lintasan huruf S ini sangat mudah ,namun harus benar-benar fokus keseimbangan dalam mengendarai, dan saya lulus dalam sekali uijian praktek lapangan ini,"  ujar Evelin pencari SIM C usai melakukan uji praktek lapangan.( LC )