Cegah Pencemaran Sungai Grindulu Bhabinkamtibmas dan Babinsa Patroli Dialogis

 


Pacitan. Personil Polsek Tegalombo Polres Pacitan Polda Jawa Timur melaksanakan patroli di bantaran sungai grindulu dengan memberikan himbauan kepada warga masyarakat di Desa Pucangombo Dusun Mojo beraktifitas di sungai.Kamis 19/10/2023.

Bhabinkamtibmas Aipda Bambang Riyanto bersama babinsa Serda Rudianto
memberikan himbauan untuk berhati-hati dalam beraktifitas di sungai dan lebih penting lagi untuk tidak mencemari sungai dengan membuang sampah ke dalam aliran sungai serta tidak menggunakan bahan kimia dan listrik dalam menangkap ikan.

Hal tersebut menindak lanjuti dari informasi warga bahwa ada warga yang menangkap ikan diduga menggunakan racun ikan atau potasium.

Bhabinkamtibmas Aipda Bambang Riyanto mengatakan bahwa sungai telah menjadi bagian penting dari lingkungan bagi kehidupan masyarakat. Di samping sebagai tempat hidup berbagai tumbuhan dan satwa, sungai juga menjadi sumber air dan tempat beraktivitas masyarakat sehari-hari.

"Kami menghimbau kepada saudara semuanya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sungai agar fungsi sungai dapat dirasakan secara berkelanjutan" tutur Bambang.

Dan dalam kesempatan yang sama Kapolsek Tegalombo Iptu Fatchur Rahman mengatakan bahaya bahan kimia seperti potas untuk mencari ikan.Potas itu sendiri sangat berbahaya bagi ikan-ikan di sungai, karena potas itu obat kimia yang berbahaya.Kelestarian ikan di sungai lama-kelamaan akan habis, karena akibat oknum yang nakal dan tidak bertanggung jawab.

"Selain mengganggu ekosistem kehidupan sungai ikan yang dikonsumsi juga sangat berbahaya bagi kesehatan" Ujar Kapolsek

Dan petugas pun menekankan kembali untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan terutama sungai demi kehidupan makhluk hidup demi kehidupan masa datang.(dh)