Peduli Lingkungan dan Masa Depan, Polres Pacitan Gelar Aksi Tanam Pohon Hingga Beri Beasiswa

PACITAN – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polres Pacitan menggelar kegiatan penanaman pohon, ketahanan pangan dan pemberian beasiswa pada Kamis (27/6/2024) di Pancer Door.

Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata komitmen Polres Pacitan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung program penghijauan pemerintah. 

"Penanaman pohon ini akan membawa dampak positif bagi kehidupan kita semua, seperti meningkatkan kualitas udara dan mencegah bencana alam," ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wujud partisipasi Polri dalam pembangunan berkelanjutan dan menjaga alam demi generasi mendatang.

"Polri bukan hanya sebagai penjaga keamanan, tetapi juga pelindung lingkungan hidup," tegas Kapolres.

Polres Pacitan juga memberikan bibit tanaman kepada masyarakat Lingkungan Barehan Kelurahan Ploso dan beasiswa kepada para pelajar berprestasi. 

Beberapa jenis pohon yang ditanam di antaranya, 350 trembesi, 200 mahoni, 175 akasia, 50 durian, 50 petai, 50 rambutan, 50 nangka, 75 matoa. 

Jumlah total penanaman tersebut 1000 pohon, sedangkan ketahanan pangan meliputi 10 kilogram benih padi, 15 kilogram kedelai, 50 kilogram jagung, 30 kilogram kacang hijau. 

"Beasiswa diberikan kepada siswa kelas 2 SD, Annada Kusuma Arumingtratri, dan siswa kelas 1 SMP, Diva Alodia Kanza," jelas Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho. 

Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat luas untuk turut serta dalam menjaga lingkungan.

Polres Pacitan akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan program ini.

Kegiatan penanaman pohon, ketahanan pangan, dan pemberian beasiswa oleh Polres Pacitan ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. (*)